Thursday 8 December 2011

parno banget sih loe?

Hmmm parno apa sih yang gue maksud disini? yaitu parno sama MIKROBA, makhuk super kecil ciptaaan Allah yang gabisa dilihat kasat mata tapi perannya luar biasa. Gue bukan orang super clean yang super duper gabisalihat kotoran sih, kalo ditanya bersih dan rapi, gue masih kalah jauh sama suami gue, boleh cek sndiri deh, hehe. Tapi kalo buat anak,,, nah gue super concern soal kebersihan. Daya tahan tubuh anak balita kan juga belum sempurna yah, jadi ya sementara tugas emaknya lah buat jaga dan bantu meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Kenapa sih kebersihan penting banget sampe sedikit parno? salah satuya ya karena gue pernah dapet pelajaran mikrobiologi saat kuliah. Jadi gue gak main2 sama yang namanya mikroba. Pernah juga waktu kuliah, salah satu mahasiswa yang sakit batpil suruh buang dahaknya lalu dikultur dan dilihat ke mikroskop apa aja isinya, terdengar yuckk yah? maapin. Dan begitu dilihat penampakan di mikroskop .. luar biasa segala rupa bentuknya, sekali lagi, subhanallah, cuma Allah penciptanya. Penyebabnya apa sih bisa batpil, ya si super tiny mikroorganisme lah.

Jenis mikroorganisme ada bbrp macam, diantaranya bakteri, virus, jamur, protozoa. Bakteri dan virus yang sering kita jumpai yang biasa suka disebut kuman. Bakteri sih gak melulu jahat, banyak juga bakteri baik. Beda bakteri sama virus, selain strukturya berbeda, kalau virus gak bisa berkembang biak sendiri, untuk virus berkembang biak dia butuh memasuki sel yang hidup.

Umumnya penyakit yang disebabkan Infeksi virus antara lain : radang tenggorokan (faringitis), rhinitis, common cold atau selesma yang mana faktor pemicunya kontak dengan alergen (penyebab alergi) debu tungau, debu rumah, bulu hewan. pernah lihat ga sih tungau debu tuh kayak apa? scaryyyyy dehh, silahkan google gambarnya supaya lebih concern sama debu, bukan hanya sekedar debu yang gabisa nyebabin apa2. Kalau diare biasanya bisa disebabkan oleh virus juga bisa bakteri. Ada juga typus, TBC, dipteri, dll penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Memang tidak ada cara mencegah buah hati kita kontak sama kuman, tapi ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah mereka dari penyebarannya. Kasihan kan kalau lihat anak batpil melulu, kalau alasannya alergi, ya coba sebisa mungkin dijauhkan dari alergen misalnya. Emaknya emang musti lebih rajin bersih-bersih (ngomong sama kaca,, bareng sama loe ngacanya :p). Yang paling gampang ya membiasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dan main dengan mainannya pakai sabun dan air. Cuci bersih dan simpan baik2 alat makannya, masak makanannya dengan sempurna, lalu jika si kecil sakit, hindarkan dari aktivitas sehari-sehari, sekolah maupun tempat umum lainnya, hal ini untuk mencegah penyebaran virus maupun bakteri yang menjadi penyebab si kecil sakit.

Sehat memang milik tuhan, tapi menjaga kesehatan itu kewajiban manusia. So, prinsip gue sih,, mendingan parno daripada terlanjur! Parno in a good way, berujung pada kewaspadaan yang tinggi. sisanya tinggal bismillah,,, kalau udah usaha, tingal pasrah sama gusti Allah.




No comments:

Post a Comment